Kegiatan

Disdukcapil Deliserdang Sambut Penghayat Parmalim yang Ingin Ubah Adminduk

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deliserdang terus mengakomodir hak-hak identitas dari warga yang menjadi penghayat kepercayaan Parmalim. Beberapa warga pun sudah melakukan pergantian identitas di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun di Kartu Keluarga (KK)-nya.

Kepala Bidang Kependudukan dan Data Didsdukcapil Deliserdang, Alrasudin Kaloko mengatakan, pihaknya menyambut penghayat kepercayaan terkait proses pembaruan administrasi kependudukan.

“Kami menerima dengan tangan terbuka pembaruan administrasi kependudukan para penghayat. Proses juga cepat dan tidak akan dipersulit. Jumlahnya mungkin dibawah seratus lah sekarang ini karena ada yang mungkin sudah memilih agama tertentu tapi tidak melaporkannya,” kata Alrasudin Kamis, (30/5/2019).

Alrasudin Kaloko mengatakan, pihaknya sudah membagikan sebanyak 30-an KTP ataupun KK baru kepada Penghayat Kepercayaan Parmalim. Serahterima pun dilakukan oleh Disdukcapil Deliserdang kepada Aliansi Sumut Bersatu (ASB) yang menjadi pendamping penghayat kepercayaan Parmalim ini. Perubahan dilakukan karena memang dulunya pada kolom agama untuk mereka tidak sama sekali ada ditulis alias dikosongkan.

“Untuk saat ini, penghayat Parmalim yang sudah selesai pembaruan identitasnya ada 36 KTP dan 13 KK yang sudah memang diperbarui administrasi kependudukan dan dicetak kartunya. Ke depan, penghayat-penghayat lainnya di luar Parmalim akan diupayakan pembaruan identitasnya,” kata Deputi Direktur ASB, Ferry Wira Padang.

Ferry pun mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Deliserdang karena dianggap telah banyak membantu proses pembaruan administrasi kependudukan. Dikatakannya, proses pembaruan administrasi kependudukan ini diakomodir dengan baik mulai dari pemasukan berkas hingga pencetakan kartu.

“Berkas pembaruan KK dan KTP kami antarkan pada tanggal 24 April dan pencetakan kartu selesai seluruhnya sebelum tanggal 14 Mei 2019. Ini hal yang luar biasa bagi kami,” katanya.

Ke depannya, Ferry berharap, Disdukcapil, ASB, dan penghayat dapat terus berkolaborasi dengan baik terkait pembaruan administrasi kependudukan penghayat kepercayaan. Dianggap dengan demikian, cita-cita dari judicial review (JR) UU Administrasi Kependudukan melalui putusan JR UU Adminduk No: 97/PUU-XIV/2016 18 Oktober 2017 dapat berjalan dengan baik.

“Tidak hanya di Deliserdang, tetapi juga di daerah-daerah lain di Sumatera Utara,” kata Ferry.

Facebook Comments
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *