Kegiatan

Pemajuan Toleransi di Kota Medan

Aliansi Sumut Bersatu sebagai lembaga yang melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan serta mendorong organisasi masyarakat sipil dalam mewujudkan kebebasan beragama dan berkeyakinan dan melakukan upaya perlindungan terhadap kelompok minoritas, melakukan Online Workshop “Pemajuan Toleransi di Kota Medan”, pada tanggal 24 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendorong dan mensupport Pemerintah Kota Medan melakukan langkah – langkah stategis untuk meraih kota toleran tahun 2022.

Online workshop “Pemajuan Toleransi di Kota Medan”, melibatkan SETARA Institute yang sebagai pelaksana survey Indeks Kota Toleran, dan Walikota (Pemko) Bekasi sebagai satu kota dengan skor tertinggi kota Toleran. Kesempatan ini tentunya berkontribusi untuk memberikan proses pembelajaran bagi Pemerintah Kota Medan, terkhusus belajar berbenah dan melakukan upaya – upaya untuk kota Medan kota Toleran 2022.

Kegiatan ini diawali dengan mendengarkan kata sambutan oleh Bapak Muhammad Bobby Afif Nasution, SE., MM (Wali Kota Medan).

Narasumber H. Rahmat Effendi (Walikota Bekasi), yang menyampaikan materi tentang “Upaya Kota Bekasi meraih Kota Toleran tahun 2020” dan Halili Hasan (Direktur Riset Setara Institute Jakarta) yang menyampaikan materi “Indeks Kota Toleran.” Acara ini dimoderatori oleh Dr. Rosramadhana Nasution., M.Si (Ketua Program Studi Antropologi UNIMED) dan bersama Fasilitator Veryanto Sitohang (Komisioner Komnas Perempuan dan Pendiri Aliansi Sumut Bersatu).

Statement Bapak Wali Kota Medan, M. Bobby Nasution., SE., MM pada Workshop Online Pemajuan Toleransi di Kota Medan, “Apresiasi pada kegiatan yang diselenggarakan ASB pada pagi hari ini kegiatan seperti ini tentunya akan kembali membantu kita untuk mendapatkan poin poin atau kita akan mendapatkan di mana pergerakan kita perlu kita perbaiki dalam lagi terkhusus dari pihak pemerintah kota Medan hari ini. Kiranya hasil dari pertemuan kita secara virtual hari ini bisa memberikan tambahan butir-butiran untuk menjadi pikiran kami dalam pemajuan toleransi yang ada di Kota Medan yang sebelumnya tentunya Pemerintah Kota Medan sudah membuat Peraturan Walikota Medan nomor 28 tahun 2021 tentang Pedoman Penataan Kehidupan Beragama dan FKUB di Kota Medan yang ditandatangani kemarin pada tanggal 24 Juni 2021. Mudah-mudahan dengan adanya Perwal ini semakin mempererat kehidupan kita beragama dan bertoleransi di kota Medan sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kota Medan saat ini. Di mana ada Medan beridentitas dan wujudnya Kota Medan yang beradab santun harmonis toleransi dan kemajemukan demokrasi dan cinta tanah air (M. Bobby Nasution., SE., MM – Wali Kota Medan).

Harapannya setelah mengikuti online workshop ini adalah Pemerintah Kota Medan dan peserta merefleksikan Kota Medan sebagai kota intoleran versi Setara Institute dan dapat mendorong dan mendukung Pemerintah Kota Medan meraih skor tertinggi Indeks Kota Toleran 2022.

 

 

 

 

 

Facebook Comments
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian