Kegiatan

Belajar Keberagaman melalui Pelatihan Pluralis PELATIHAN PLURALISME ANGKATAN VIII MERUPAKAN

Pemuda Indonesia yang menjadi generasi penerus bangsa semestinya sejak dini memiliki peran untuk menjadi agen-agen perdamaian dan perubahan.

Walaupun kondisi tersebut masih menjadi sebuah mimpi yang masih sangat sulit untuk di wujudkan.

Atas dasar tersebut, untuk ambil bagian dalam menjaga dan menyebarkan penghargaan terhadap keberagaman, Aliansi Sumut Bersatu (ASB) sebagai NGO yang konsern terhadap isu-isu keberagaman bekerjasama dengan The Asia Foundation (TAF) berinisiatif untuk melaksanakan pelatihan pluralisme untuk pemuda lintas agama dan keyakinan, pemuda aktivis mahasiswa, dan aktivis NGO.

Pelatihan ini merupakan pelatihan pluralisme Angkatan ke VIII. Pelatihan ini diharapkan mampu menjadikan keberagaman Indonesia sebagai kekuatan bangsa, yang semestinya memiliki pemahaman kolektif akan makna kebhinnekaan dan indahnya hidup di dalam perbedaan.

Pemahaman ini hanya akan didapatkan melalui pengkajian, secara keilmuan dan terjun langsung kelapangan. Sehingga Kebhinnekaan benar-benar menjadi sebuah keniscayaan dan dapat dinikmati serta menjadi kekuatan bangsa.

Pelatihan Pluralisme angkatan ke VIII ini dilakukan di Hotal Emerald Garden Medan pada tanggal 2 – 7 Februari 2020.

Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang pemuda/i dari berbagai latar belakang yakni pemuda/i lintas agama, organisasi mahasiswa, NGO dan kelompok marjinal lainnya.

Pelatihan Pluralisme angkatan ke VIII dilaksanakan dengan metode: pertama belajar dikelas, kedua dengan metode homestay, yaitu tinggal sementara (live in) di rumah orang tua asuh yang berbeda keyakinan dengan peserta selama beberapa 3 hari untuk memaknai perbedaan secara praktis bukan hanya teoritis.

Harapan mengikuti pelatihan ini adalah peserta dapat menjadi agen perdamaian dengan mempromosikan toleransi keberagaman, hak asasi manusia, dan demokrasi. Serta dapat meningkatkan semangat “Bhinneka Tunggal Ika” atau nasionalisme sebagai pemersatu dari seluruh rakyat Indonesia.

Facebook Comments
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian