Kegiatan

Sosialisasi I-KHub (Indonesia Knowledge Hub on Countering Terrorism and Violent Extremism).

Tanggal 8 April 2021, Aliansi Sumut Bersatu mendapat undangan mengikuti Sosialisasi I-KHub (Indonesia Knowledge Hub on Countering Terrorism and Violent Extremism). Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang melibatkan pemerintah daerah dan organisasi masyarakat sipil.

Aplikasi Sosialisasi I-KHub ini merupakan implementasi RAN-PE (Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan ) sesuai Perpres No.7 tahun 2021. RAN PE bertujuan untuk meningkatkan pelindungan hak atas rasa aman warga negara dari Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme, sebagai bagian dari pelaksanaan kewajiban negara terhadap hak asasi manusia dalam rangka memelihara stabilitas keamanan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” bunyi Pasal 2 ayat (2).

RAN PE mencakup 3 (tiga) pilar, yang meliputi Pilar pencegahan, yang mencakup kesiapsiagaan, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi; Pilar penegakan hukum, pelindungan saksi dan korban, dan penguatan kerangka legislasi nasional; dan Pilar kemitraan dan kerja sama internasional.

 

Facebook Comments
Komentar Dinonaktifkan pada Sosialisasi I-KHub (Indonesia Knowledge Hub on Countering Terrorism and Violent Extremism).
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian