Berita,  Kegiatan,  Program

Membangun sinergitas untuk Keberagaman di Sumatera Utara Melalui Forum Komunikasi Kebhinnekaan

Membangun sinergitas untuk Keberagaman di Sumatera Utara Melalui Forum Komunikasi Kebhinnekaan

Pada hari Selasa, 4 Februari 2020 diadakan Pertemuan Forum Organisasi Masyarakat Sipil untuk kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) di Sumatera Utara.

Peserta yang hadir sebanyak 22 orang yang terdiri dari aktivis, akademisi, jurnalis dan kelompok korban intoleransi.

Pertemuan ini dibuka oleh Direktur Aliansi Sumut Bersatu Ferry Wira Padang dan pertemuan ini difasilitasi oleh Komisioner Komnas Perempuan Veryanto Sitohang.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah Penguatan organisasi Forum Komunikasi Kebhinekaan (FKK) dan merancang kegiatan bersama FKK, mempromosikan toleransi keberagaman, hak asasi manusia, dan demokrasi, meningkatkan semangat “Bhinneka Tunggal Ika” atau nasionalisme sebagai pemersatu gerakan masyarakat sipil yang lebih luas di Sumatera Utara, khususnya Kota Medan dan membangun gerakan bersama organisasi masyarakat sipil di Medan untuk merespon kebijakan diskriminatif dan berbagai isu lainnya.

FKK pertama kali dibentuk pada 23 April 2014 tahun. Tahun pertama setelah FKK dibentuk, berbagai kegiatan dilakukan bersama – sama, munculnya kegiatan study – study agama untuk FKK, dimana forum ini dipakai sebagai media belajar, mengenal dan memahami masing – masing anggota FKK dengan diskusi dan kunjungan ke komunitas anggota FKK, Belajar memahami Baha’I, Ahmadiyah, Parmalim, dan lain-lain.

Selain melakukan kunjungan dan belajar, FKK secara aktif melakukan diskusi untuk merespon isu dan siatuasi – situasi ditingkat lokal dan nasional, baik kebijakan diskriminatif, kasus intoleransi, dan lain-lain.

Kembang surutnya gerakan bersama tersebut berdampak pada pencapaian kerja – kerja advokasi bersama, mimpi yang dibangun dengan begitu indah, masih hanya sebatas mimpi yang masih sulit untuk digapai.

Munculnya tantangan yang dihadapi untuk membangun gerakan yang lebih baik, dengan alasan dan akar masalah yang masih belum terselesaikan.

Facebook Comments
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian