Berita

Gotong Royong Lawan Virus Corona

Salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ialah dengan menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah. Masih banyak masyarakat yang tidak peduli akan bahaya penularan Covid-19 ini.

Kami melihat dijalan raya atau tempat-tempat umum pedagang, driver ojol, dan lainnya banyak yang tidak pakai masker kain.

Harga masker kain yang semakin hari semakin mahal membuat prioritas mereka bukan lagi untuk membeli masker tapi untuk kebutuhan sehari-hari.

Bahan kain yang cocok dijadikan masker kain adalah bahan katun. Selama pandemi virus corona (covid-19) Aliansi Sumut Bersatu bersama Forum Komunikasi Kebhinnekaan (FKK) melakukan kegiatan gotong royong mendonasikan kain untuk dijadikan masker dan mendistribusikan kepada masyarakat Kota Medan secara gratis.

Salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ialah dengan menggunakan masker ketika beraktivitas diluar rumah.

Sebanyak 500 masker sudah dibagikan diantaranya ke Komunitas Parmalim Medan, Komunitas Ugamo Bangso Batak, Komunitas Agama Baha’I di Medan, Panti Asuhan Karya Keluarga, Panti Asuhan Puteri Aisyah, driver ojek online, pedagang dipasar, pedang kaki lima dan posko pengungsian Rohingnya.

Beberapa waktu yang lalu ketika personil ASB keluar dari sekretariat dan melewati posko pengungsian Rohingnya, beberapa orang yang keluar rumah masih belum menggunakan masker. Kami tidak bertanya kenapa tidak menggunakan masker, namun inisiatif tim ASB untuk membagikan masker kain kepada warga pengungsi Rohingnya.

Ternyata benar, mereka tidak punya masker, kalau pun punya sangat minim sekali. Kami sangat senang karena mereka sangat senang menerima masker yang kami bagikan, mereka ketawa dan memanggil pengungsi yang lain yang berada di dalam rumah, sehingga masker yang kami bagi kurang.

Senang bisa membuat mereka tersenyum, dan bergerak bersama saling membantu mencegah penyebaran Corona.

Aliansi Sumut Bersatu dan FKK juga mengkampanyekan dalam bentuk spanduk mengajak masyarakat Medan untuk bersama-sama mencegah virus corona. Spanduk “Ayo Kita Cegah Virus Corona” juga sudah terpasang. Semoga dengan membaca himbauan ini kita lebih rajin :

  1. Cuci Tangan dengan sabun
  2. Terapkan etika batuk ketika bertemu banyak orang
  3. Rajin olahraga
  4. Jaga jarak dengan hewan peliharaan
  5. Makan makanan bergizi
  6. Jangan lupa menggunakan masker ya ketika beraktivitas di luar rumah.
Facebook Comments
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian