Berita

Kekerasan terhadap Perempuan Kepala Keluarga mengatasnamakan Agama

Kamis, 30 April 2020 Aliansi Sumut Bersatu bersama Bapak Irwansyah Betawi (Kepala Program Studi Sosiologi Agama UINSU) melakukan kunjungan ke rumah Ibu Lamria Manullang (seorang perempuan kepala keluarga), di Desa Batangkuis Pekan, Kabupaten Deli Serdang.

Ibu Lamria Manullang merupakan pemilik warung yang di sweeping oleh ormas keagamaan sehingga viral di media.

Kunjungan ini merupakan bentuk solidaritas ASB terhadap Ibu Lamria Manullang.

Dalam kesempatan yang sama Pak Irwansyah juga mengatakan bahwa Bulan Ramadhan yang seharusnya menjaga kesucian diri dari perbuatan tidak baik, justru dipergunakan untuk kepentingan individu, dan disayangkan selalu mengatasnamakan agama.

Inilah tugas kita bersama untuk bergandengan tangan, mempererat persaudaraan.

ASB mencatat bahwa sweeping seperti ini bukanlah yang pertama terjadi dan berpotensi merugikan dan memiskinkan perempuan pemilik usaha kecil (sektor informal). ASB menolak tindakan kekerasan berbasis agama dan mendukung sepenuhnya Ibu Lamria Manullang.

Nancy (putri Ibu Lamria Manullang) menyebutkan walaupun di media sudah menyebutkan adanya perdamaian, namun proses perdamaian belum ada dilakukan oleh Ibu Lamria Manullang dan permintaan maaf belum diterimanya.

Kunjungan ini juga sekaligus memberikan bantuan sembako (beras, telur, gula, minyak goreng) donasi yang diberikan yang dikumpulkan FKK selama Pandemi Corona ini.

Semoga tindakan serupa tidak terjadi di kemudian hari dan pemerintah hadir dalam upaya merawat toleransi.

Facebook Comments
Komentar Dinonaktifkan pada Kekerasan terhadap Perempuan Kepala Keluarga mengatasnamakan Agama
Aliansi Sumut Bersatu

Aliansi Sumut Bersatu (ASB) adalah organisasi masyarakat sipil atau LSM yang sejak tahun 2006 melakukan upaya-upaya penguatan untuk mendorong penghormatan dan pengakuan terhadap keberagaman melalui pendidikan kritis, dialog, advokasi dan penelitian